Resume Motivasi
MOTIVASI
Pengertian Motivasi
Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. Tiga elemen utama dalam definisi ini diantaranya adalah intensitas, arah, dan ketekunan.
Perspektif Motivasi:
*BEHAVIORAL
*HUMANISTIK
*KOGNITIF
*SOSIAL
*Perspektif Behavioral :
Menekankan pada imbalan dan hukuman eksternal sebagai kunci menentukan motivasi. motivasi murid sebagai konsekuensi dari insentif eksternal. Insentif adalah peristiwa atau stimuli positif atau negative yang dapat memotiasi perilaku murid Insentif dapat menambah minat atau kesenangan pada pelajaran dan mengarahkan perhatian pada perilaku yang tepat dan dapat menjauhkan dari perilaku tidak tepat. Bentuk insentif : nilai yang baik, tanda bintang, pujian, penghargaan
*Perspektif Humanistik:
Menekankan pada kapasitas murid untuk mengembangkan kepribadian, kebebasan untuk memilih nasib sendiri Berkaitan dengan pandangan Abraham Maslow Hirarki Kebutuhan (kebutuhan fisik, keamanan, cinta dan rasa memiliki, harga diri, aktualisasi diri) Perspektif Kognitif Menekankan pemikiran murid akan memandu motivasi mereka, dan juga arti penting dari penentuan tujuan, perencanaan dan monitoring kemajuan menuju suatu tujuan
*Perspektif kognitif:
bertentangan dengan behavioral, berpendapat bahwa tekanan eksternal seharusnya tidak dilebih-lebihkan. Murid meraih prestasi tinggi bukan karena kebutuhan biologis tapi karena punya motivasi internal untuk berinteraksi dengan lingkungan secara efektif
*Perspektif Sosial:
Kebutuhan afiliasi adalah motivasi untuk berhubungan dengan orang lain secara aman, membutuhkan pembentukan, pemeliharaan dan pemulihan hubungan personal yang hangat dan akrab. Kebutuhan afiliasi murid tercermin dalam motivasi mereka untuk menghabiskan waktu bersama teman, keterikatan dengan orang tua, dan keinginan untuk menjalin hubungan positif dengan guru. Murid yang punya hubungan yang penuh perhatian dan supportif biasanya memiliki sikap akademik yang positif dan lebih senang bersekolah. Salah satu faktor terpenting dalam motiviasi dan prestasi murid adalah persepsi mereka mengenai apakah hubungan mereka dengan guru bersifat positif atau tidak
Komentar
Posting Komentar